Tuesday 28 September 2010

Mesjid Bergeser di Tasikmalaya

saya yang waktu itu sedang asik mengotak-ngatik komputer di Speed Net Jl. Dewi Sartika no 08, Kota Tasikmalaya, tiba-tiba datang sebuah SMS yang berisikan "Aa Masjid di Teun Nenk ngageser ka kaler" (kaka Mesjid yang dekat Rumah Neng Bergeser ke arah utara). awalnya saya menghiraukannya, namun rasa penasaran saya membuat lebih bertanya-tanya dan lebih penasaran yang ahkirnya saya bernekad untuk meninggalkan pekerjaanku sementara untuk melihat langsung kejadian tersebut.

Saya beserta kawan-kawan (asymansyah Timutiah, Yoni Kustaman, Mang Ai dan Teguh) langsung menuju lokasi kejadian. 20 meter sebelum sampai pada tujuan saya dikagetkan dengan banyaknya kerumunan warga yang menyaksikan dan baru berdatangan, tentu saja perasaan ini lebih penasaran dan setelah saya masuk kedalam mesjid, ternyata betul, tiang penyangga yang awalnya sejajar dengan tempat mimbar pada waktu itu menjadi tidak sejajar, saya ukur sendiri tiang itu dan saya berkeliling sejenak untuk melihat-lihat fisik mesjid yang barangkali ada sebuah retakan atau pergeseran pondasi pada dinding-dinding Masjid tersebut dan sama sekali tidak ada sedikitpun retakan atau pergeseran Pondasi disekitar Mesjid.

Saya sempat mengambil Foto dan merekam kerumunan warga yang ingin menyaksikan. namun tiba-tiba ibu-ibu yang dari tadi duduk di belakang Tiang berteriak histeris meneriakan Istighfar dan meneriakan "tingali tihang muter deui" (lihat Tiang kembali berputar)saya pun langsung menghampiri kerumunan ibu-ibu tersebut dan sayangnya saya tak bisa mengambil putaran tersebut karena perputaran tersebut hanya persekian detik bahkan lebih lambat dari berjalannya seekor siput.






sekali lagi saya ingatkan ini adalah sebuah video nyata, yang direkam pada hari kejadian dimana sebuah tiang penyangga Mesjid berputar 45 derajat dari menghadap Barat menjadi menghadap kearah Barat Laut, tak ada yang menyangka, Mesjid yang direnofasi pada tahun 1989 itu tiba-tiba masyarakat Tundagan, Kel. Linggajaya, Kec. Mangkubumi lebih dikejutkan lagi dengan bergesernya kembali Tiang Pengangga tersebut kearah semula, dengan perasaan kaget ibu-ibu bapak-bapak yang menyaksikan kejadian tersebut tiba-tiba histeris meneriakan Takbir dan Istighfar.

No comments:

Post a Comment

satu komentar, satu buku bagi saya....